Jumat, 16 Mei 2014

Batang Peringkat VII HIV Jateng

Batang, DialogKabupaten Batang, Jawa Tengah, kini menempati Peringkat VII tertinggi penderita HIV (AIDS) se Propinsi Jawa Tengah dan penderita tersebar di semua kecamatan. Data ini diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang.

Ada 225 kasus yang tersebar di setiap kecamatan dari Kecamatan Batang 54 orang, Kandeman 10, Tulis 16, Subah 20, Banyuputih 35, Gringsing 11, Limpung 9, Tersono 4, Pecalungan 15, Bawang 10, Reban 6, Blado 19, Bandar 31, Wonotunggal 9 dan Warungasem 6, ujar Mudhofir, Sekretaris Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kabupaten Batang belum lama ini.

Penemuan Kasus HIV di Kabupaten Batang sampai dengan bulan Maret 2014 mencapai 291, dan kasus AIDS mencapai 83. Dari 374 penderita HIV/AIDS yang telah meninggal dunia sebanyak 56 orang.

“Salah satu sumber penularan adalah prostitusi, sebab daerah Batang berada di jalur Pantura Jateng merupakan daerah rawan adanya praktik prostitusi,” jelas Dhofir.

KPA Kabupaten Batang telah berusaha dalam penanggulangan di masing-masing kelompok kerja seperti di Pokja Pencegahan dan Penjangkauan telah membentuk tim edukasi, sosialisasi HIV/AIDS di lima kecamatan jalur Pantura yaitu Gringsing, Banyuputih, Subah, Tulis, Kandeman dan Batang,


Permasalahan ini tidak dapat diselesaikan oleh Pemerintah sendiri, perlu didukung peran serta berbagai pihak, baik lintas sektor, organisasi masyarakat, LSM, maupun dunia usaha. Maka peningkatan upaya kemitraan dan peran serta dalam penanggulangan HIV/AIDS perlu terus didorong, ditingkatkan dan dikembangkan, jelas Soetadi, Ketua KPA sekaligus Wakil Bupati Batang. (kukuh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar