Selasa, 17 Desember 2013

399.889 Warga Belum Ber-e-KTP di Brebes


Brebes, hariandialog.com/Dialog – Berkisar 399.889 dari 1,4 juta warga hinga akhir bulan November kemarin tercatat belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronok (e-KTP) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Kebanyakan warga yang belum melakukan perekaman karena berada di luar kota juga ada yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke luar negeri dan sebagian sudah pindah alamat.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan petugas kecamatan di Kabupaten Brebes hingga saat ini secara aktif mendatangi warga yang belum melakukan perekaman.
Petugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman, ujar Drs Asmuni, Kepala Disdukcapil Brebes.
Namun hasilnya belum begitu memuaskan dan sebagian warga tidak mengindahkan imbauan pihak Disdukcapil dan petugas dari kecamatan karena kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan berupa perekaman e-KTP masih rendah.
Karena semuanya warga belum melakukan perekaman, maka akan berdampak langsung pada beberapa hal seperti sulitnya Lembaga Penyelenggara Pemilu memastikan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebab e-KTP adalah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang digunakan KPU untuk acuan penetapan DPT.
Apabila KPU kesulitan memastikan jumlah DPT, pada akhirnya publik akan menyalahkan penyelenggara dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai penyedia basis data DPT. Padahal, pihak kementerian sudah berusaha agar semua warga melakukan perekaman e-KTP melalui setiap kantor kecamatan terdekat.
Kesadaran ini yang belum dimiliki semua warga. Padahal perekaman e-KTP ini untuk kemudahan mereka sendiri,” lanjut Asmuni.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Brebes, Muamar Riza Pahlevi menjelaskan, hingga Desember 2013 ini masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan ribuan DPT invalid. Dikarenakan data awal yang diberikan oleh Disdukcapil ketika dikroscek banyak yang tidak sesuai karena sudah ada yang pindah, meninggal atau tidak memiliki kartu identitas yang baru. (look)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar