Selasa, 04 Februari 2014

Pemalang, Kerugian Banjir Rp. 6 Miliar

Pemalang, hariandialog.com/Dialog – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, belum lama ini mendatangi korban banjir di Desa Tasikrejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Yang didampingi Bupati Pemalang, Junaedi SH MM. Heru sempat berdialog dengan masyarakat di Aula Desa Tasikrejo.
Bencana banjir ini juga harus disyukuri dengan sabar, sehingga mudah-mudahan segera berlalu dan bisa normal lagi dan ke depan kita diberi limpahan rejeki yang banyak,” kata Heru yang diamini warga.
Dampak bencana banjir di Pemalang antara lain 2.344 hektar padi usia 7-15 hari di 40 desa di 7 kecamatan terendam air. Imbasnya, petani merugi karena 3 hari lebih terendam tanaman padi menjadi mati.
Total kerugian tanaman padi dari 7 kecamatan; Kecamatan Pemalang, Kecamatan Petarukan, Kecamatan Comal, Kecamatan Taman, Kecamatan Ulujami, Kecamatan Bodeh dan Kecamatan Ampelgading mencapai Rp. 3.984.800.000,-. Untuk tambak bandeng dan udang, kerugian mencapai Rp.1.904.000.000,- lebih, dengan tenggelamnya 383 hektar tambak di 10 desa di Kecamatan Pemalang, Kecamatan Petarukan dan Kecamatan Ulujami. Sehingga jika ditotal dan dengan kerugian yang tidak tercatat mencapai enam milyar rupiah lebih.
Banjir di wilayah kota Pemalang juga membuat ratusan rumah tenggelam dan warga mengungsi. Banjir hari pertama (18/1) terdapat 357 jiwa mengungsi, terbagi di Kelurahan Sugihwaras 322 jiwa dan di Kelurahan Kebondalem 35 jiwa. Mereka ditampung di Aula Kelurahan Sugihwaras, Kebondalem, Kodim, SD Negeri 2 Tanjungsari.
Banjir tersebut mengakibatkan pula 3 rumah di Kelurharan Sugihwaras Pemalang roboh di RT.003 RW.001 dan RT.001 RW.001 adalah perumahan nelayan. Sugihwaras sendiri juga ada 245 rumah tergenang,
Di Kecamatan Ulujami; Desa Samong 195 rumah, Desa Tasikrejo 926 rumah dan Desa Kaliprau 126 rumah tergenang sampai hari ini belum surut total. Juga, tidak luput ada beberapa desa yang kena dampak banjir seperti Desa Limbangan, Desa Ketapang dan Desa Blendung.
Sedangkan korban jiwa sampai saat ini tercatat satu orang atas nama Fabio Linggar Patri (2) alamat Desa Kandang RT.003 RW.001 Kecamatan Comal akibat terperosok parit belakang rumah yang tergenang banjir. (look)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar