Selasa, 03 September 2013

Apem Comal dan Kamir Arab Khas Pemalang


Pemalang, hariandialog.com/Dialog - Kedua kue ini (Apem Comal dan Kamir Arab) awal mula bukan produk Pemalang, Jawa Tengah, ujar Mulyono (43) warga Pemalang kepada Dialog saat berkeliling Pasar Pagi Pemalang sambil mencicipi kamir arab.
Kamir Arab, konon pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Arab yang tinggal dan menetap di kota Pemalang sejak lama. Karena berkembangnya waktu pembuatan kamir diteruskan oleh penduduk pribumi Pemalang dalam bentuk home industri (usaha kecil) sebagai penghasilan utama atau mata pencaharian mereka.
Dan warga keturunan Arab yang notabene pembawa jajan ini masuk ke Pemalang sudah tidak ada lagi yang memproduksi. Sekarang diproduksi oleh warga asli Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kamir Pemalang ini pemasarannya sudah sampai ke luar negeri seperti Negeri Brunei. Bahkan Artis Top Jakarta pun banyak yang sudah kesengsem berat terhadap Kamir Pemalang yang satu ini. Mereka setiap kali mampir ke Pemalang selalu memburu kamir buat buah tangan yang ada di Jakarta.
Di Kelurahan Mulyohajo yang terkenal adalah Kamir Arab “Bu Dijah” yang kini diteruskan oleh anaknya yaitu Ny. Khafifah yang belajar langsung dari ibunya Bu Dijah/Khodijah sejak kecil. Daya tahan kue kamir relatif lama karena bisa dihangatkan lagi sebelum basi.
Bagi pembeli dari luar kota bisa beli kemasan kue kamir di toko roti atau penjual jajan di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pemalang,” ujar Fifah. Bagi yang sudah tahu lokasi pembuatnya terkadang langsung ke rumah karena lebih puas dan harga pun agak sedikit miring (dapat diskon).
Seperti halnya Kamir Arab, Apem Comal pun asal muasal bukan dari kota Comal Pemalang, melainkan dari kota tetangga yakni Kesesi Pekalongan. Oleh karena sejak pertama kali memproduksi, dari turun temurun mereka selalu berjualan di Pasar Comal. Maka kini terkenalah dengan Apem Comal. Bahkan sudah sah menjadi makanan khas asli Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
Dua jenis kue ini, Apem Comal dan Kamir Arab mempunyai sejarah yang unik. Satunya dari Arab dan yang satunya dari Pekalongan, dan kini menjadi makanan atau kue khas asli Pemalang. (kukuh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar